Hostinger

Cara Menghubungkan Domain Ke Blogspot Hostinger

Cara menghubungkan Domain Ke Blogspot Hostinger – Memiliki website dengan menggunakan blogspot merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk diterapkan. Hanya memerlukan domain, Anda sudah dapat memiliki website dengan nama domain yang yang Anda inginkan.

Namun demikian, website dengan menggunakan hosting atau server sendiri tentulah lebih baik. Anggap saja begini, bila sewaktu-waktu blogger ditutup oleh blogger layaknya google plus, maka Anda tidak memiliki backup data website secara full dan akan sulit untuk dipindahkan ke hosting.

Meskipun Anda dapat import data website dari blogger ke wordpress hosting. Namun tetap saja akan ada kekurangan yang mungkin tidak ikuti pindah seperti gambar rusak atau SEO website yang telah Anda bangun menjadi berantakan.

Oleh karena itu, bila Anda memiliki dana cukup maka lebih baik langsung membuat website dengan platform di hosting. Anda dapat membuat website menggunakan wordpress bila belum mahir melakukan coding. Saat ini harga hosting & domain sudah dapat dikatakan cukup murah.

Bahkan sudah ada yang menawarkan pembelian hosting dengan gratis domain sekaligus. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menghubungkan Domain Ke Blogspot Hostinger. Silakan ikuti langkah demi langkah dibawah ini dengan teliti agar tidak ada kesalahan.

# Menghubungkan Domain Ke Blogspot #

Sebelum Anda memulai untuk setting domain ke blogger, pastikan Anda sudah melengkapi hal-hal penting berikut :

  • Akun blogger (website blogger aktif)
  • Domain yang aktif
  • Akses ke editor DNS

Sudah lengkap untuk persyaratan diatas, mari kita lanjutkan konfiigurasinya.

#1 Pertama, dapatkan CNAME record dengan login ke blogger melalui https://www.blogger.com.

#2 Kedua, selanjutnya cari dan klik menu “Setting >> Dasar” seperti gambar dibawah.

#3 Ketiga, masukan nama domain Anda di blogger dengan klik “+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda“.

Pastikan menggunakan www saat memasukan nama domain agar CNAME muncul. Contoh : www.namadomainAnda.com

Pada bagian ini fungsinya hanya untuk mendapatkan CNAME yang akan disetting pada DNS domain. Anda akan menemukan pesan error saat memasukan nama domain, hal tersebut karena DNS belum Anda settings dan terhubung. Tidak perlu panik, cukup mengabaikan pesan error tersebut.

#4 Keempat, simpan CNAME yang muncul untuk Anda gunakan setting pada DNS domain. Berikut contoh CNAME yang harus Anda simpan.

Tidak perlu Anda simpan, sebab akan gagal. Hal tersebut dikarenakan CNAME belum Anda setting pada DNS domain dan tentunya belum terhubung dengan server blogspot.

#5 Kelima, selanjutnya login ke member area hostinger dengan akses hostinger.co.id/cpanel-login

#6 Keenam, pilih menu “domain“, kemudian klik “kelola” pada domain yang ingin disetting blogger

#7 Ketujuh, silakan Anda klik menu “DNS ZONE” untuk masuk ke dalam setting DNS domain.

#8 Kedelapan, gunakan CNAME blogger Anda untuk di settings pada bagian CNAME. Jika ada record www default maka silakan dihapus terlebih dahulu. Untuk hasil konfigurasi CNAME seperti gambar dibawah.

#9 Kesembilan, selanjutnya beralih ke setting A record. Pada bagian ini Anda perlu melakukan setting A record dari si blogger. Jika ada A record default maka silakan dihapus terlebih dahulu.

Gunakan empat IP blogger berikut untuk di settings pada bagian A record domain Anda :

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

#10 Kesepuluh, semua setting CNAME dan A Record telah selesai. Anda hanya perlu menunggu propagasi DNS 1×24 jam supaya domain pada blogger dapat diganti.

# Mengganti Domain Di Blogspot #

Setelah propagasi DNS 1×24 jam, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah dibawah ini.

#1 Pertama, login ke blogspot dan kembali ke halaman pergantian domain seperti halnya settings untuk mendapatkan CNAME diatas.

Menu Setting >> Dasar >> + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda

#2 Kedua, masukan nama domain Anda kemudian centang pada bagian “redirect to www” dan klik “Simpan“.

#3 Ketiga, ketika pada https sebelumnya sudah aktif maka silakan di nonaktifkan dahulu, dan menunggu untuk beberapa jam kedepan kemudian mengaktifkan kembali https.

Sangat mudah sekali untuk memiliki website dengan nama domain TLD (sendiri). Namun untuk mendapatkan website yang lebih professional, Anda perlu menggunakan layanan hosting dalam membuat website.

Demikianlah Cara Menghubungkan Domain Ke Blogspot Hostinger. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk shared artikel ini kepada teman, kerabat, saudara atau lainnya. Agar mimin novri.web.id lebih semangat dalam membuat panduan-panduan lain.

0
Show More

Kbtegno

Halo, saya kbtegno. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark kbtegno.com agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Exit mobile version