CpanelHosting

Cara Menggunakan Manage API Tokens cPanel Hosting

Manage API Tokens cPanel – Istilah API memang belum dikenal di masyarakat umum. Berbeda dengan kalangan IT. API sangat terkenal dan powerfull sebagai perantara pertukaran data.

Dengan API, programmer dapat mengambil, meng-input, menampilkan data dari berbagai database.

Application programming interface atau disingkat dengan sebutan API adalah sebuah kode pemrograman yang sengaja dibuat untuk membantu programmer dalam melakukan integrasi data antara dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

API ini dibangun dalam berbagai format sesuai dengan kebutuhan. Biasanya response API besok format JSON.

Adanya API jelas memberikan kemudahan bagi programmer, seperti proses integrasi data lebih cepat dan efektif, server memiliki beban yang rendah karena tidak perlu menyimpan semua data.

API juga sering digunakan pada saat kamu melakukan login pada suatu aplikasi. Saat login kamu akan diminta untuk memberikan kombinasi email dan password yang benar dan baru bisa mengakses sistem.

Sistem atau aplikasi hanya mengenali jika kombinasi X dan Y merupakan komponen dari akun kamu.

API sendiri memiliki sistem autentikasi yang biasa disebut sebagai token.

API Tokens biasanya berupa kumpulan huruf dan angka yang diacak secara random kemudian dienkripsi.

Untuk mendapatkan API token, client harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. Setelah mendapatkan token, pemilik akan membuka akses API yang dipublikasikan dan client.

Serta wajib menyisipkan token tersebut setiap kali mengakses fitur. Salah dengan fitur Manage API Tokens cPanel ini kamu bisa membuat API Tokens dengan mudah.

Cara Menggunakan Manage API Tokens cPanel

Nah sekarang saatnya mulai menggunakan fitur Manage API Tokens cPanel di hosting. Ikuti step by step nya di bawah ini ya!

1. Memilih Manage API Tokens

Untuk menu Manage API Tokens, dapat kamu temukan dengan cara ketik manage api tokens pada kolom pencarian. Kemudian klik Manage API Tokens.

Apabila kamu berhasil, maka akan muncul halaman Manage API Tokens cPanel seperti gambar di bawah ini

2. Membuat API Tokens

Setelah masuk, sekarang saatnya membuat API Tokens. Pada kolom API Token Name kamu bisa mengisikan bebas sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu klik checklist pada The API Token will not expire. Jika sudah klik Create untuk menyimpan nya.

Maka secara otomatis kamu akan mendapatkan token API seperti gambar di bawah ini.

3. API Tokens Sudah Ditanganmu!

Pada langkah kedua kamu telah membuat API Tokens yang tidak dibatasi. Sekarang kamu bisa menyalin token yang telah kamu buat sebelumnya dan sudah bisa digunakan untuk kebutuhan API yang membutuhkan token. Untuk menyalin nya kamu bisa klik COPY dan jangan lupa untuk menyimpan token dengan klik YES, I SAVED MY TOKEN.

4. Mengelola API Tokens

Nah sekarang saatnya kamu melakukan pengelolaan API Tokens yang telah dibuat. Kamu bisa klik Manage untuk memulainya.

Apabila kamu ingin mengganti nama token yang baru, kamu cukup mengganti nama token saja dan klik Update. Sedangkan apabila kamu ingin mencabut atau menghapus token, kamu bisa klik REVOKE THE TOKEN.

0
Tags
Show More

Kbtegno

Halo, saya kbtegno. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark kbtegno.com agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Exit mobile version