Cara menginstal BIND di Webuzo

Beberapa hari ini atau belakangan ini banyak sekali client yang bermasalah untuk menghubungkna domain ke IP VPSnya. Sebelumnya domain sudah dihubungkan dengan name sarver childname yang sudah dibuat dan diarahkan ke IP, namun ketika ditunggu propagansi lebih dari 1 x 24 jam tetap belum solved. Hal ini biasanya karena belum menginstal BIND pada webuzo anda tersebut.

 

BIND merupakan software DNS server yang cukup populer. BIND berfungsi untuk mengatur DNS (DNS Management) pada VPS/Server Anda. Dengan Software ini, Anda bisa mengatur record domain dalam VPS Anda sendiri.

Dengan menggunakan BIND DNS, Anda dapat mengatur record domain Anda (A Record, CNAME, TXT, dll) melalui Webuzo yang telah terinstall pada VPS Anda. Anda hanya perlu membuat dan mengatur nameserver domain Anda.

Secara default, BIND sudah terinstall dalam webuzo. Tetapi dalam kasus tertentu, misalnya karena error, BIND DNS tidak terinstall.  Oleh karena itu Anda harus menginstall BIND DNS sendiri.

  1. Login ke Webuzo Admin Panel dengan mengakses http://ipvps:2002 pada browser
    NB: ganti ipvps dengan IP Address server anda (misal: http://45.77.102.57:2002)
  2. Pada kotak search sebelah kiri, ketikkan “BIND” (Tanpa tanda kutip). Setelah itu klik pada result pencariannya.
    Cara Install BIND
  3. Tekan tombol Install
    Cara Install BIND
  4. Tunggu hingga proses instalasi selesai
    Cara Install BIND

Selamat! Anda telah berhasil menginstall BIND DNS Server. Dengan BIND DNS Server, Anda dapat mengatur record dari domain Anda melalui Webuzo yang telah terinstall pada VPS Anda.

Semoga berhasil 🙂

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *