Cara Mengarahkan subdomain ke Blogspot

Pada dasarnya custom domain dan custom subdomain sama saja. Masih ingatkan apa perbedaan domain dan subdomain? Misalnya terdapat website dengan alamat websitesaya.net dan blog.websitesaya.net. Nah websitesaya.net merupakan DOMAIN dan blog.websitesaya.net merupakan SUBDOMAIN. Nah, agar website berbasis blogspot dapat diarahkan ke subdomain, anda harus melakukan custom subdomain ke Blogspot terlebih dahulu. Misalnya anda memiliki websitesaya.blogspot.com dan ingin mengarahkannya menjadi blog.websitesaya.net. Anda dapat melakukan custom subdomain melalui client area ataupun melalui cPanel. Pada panduan ini akan dibahas mengenai cara custom subdomain ke blogspot di cPanel.

1. Memilih Menu Zone Editor

Setelah berhasil login, silahkan tulis “zone editor” pada form pencarian. Kemudian silahkan klik menu tersebut. Zone editor berfungsi untuk pengelolaan DNS record nantinya.

Kemudian pilih domain yang diinginkan. Pastikan sesuai dengan subdomainnya ya. Kemudian klik Manage.

2. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Langkah selanjutnya, silakan login pada ke halaman blogger.com, dan masukkan email dan password kamu. Untuk melakukan custom domain ke blogger, klik pada tab Settings dan cek pada bagian Publishing. Silakan klik tulisan custom domain.

Kemudian masukkan nama subdomain yang diinginkan untuk subdomain, misalkan catatan.websitesaya.net. Lalu klik Save.

Pasti nanti muncul error seperti tampilan berikut. Jangan panik ya! Hal tersebut dikarenakan domain kamu belum dapat diverifikasi oleh pihak blogger. Untuk verifikasinya dengan menambahkan record unik yang dilampirkan oleh blogger kamu terlebih dahulu.

Bagaimana cara menambahkan record tersebut? Sebelumnya kita simpan dulu record unik dari google agar mempermudah dalam setting custom domain nantinya. Contoh record pada panduan kali ini adalah:

1 2blog  ghs.google.com jqhsh4umx4lf   gv-buddn425hof3mh.dv.googlehosted.com  

Pada kolom kiri nanti akan kita isikan pada bagian hostname, sedang kolom kanan akan kita isikan ke address/value pada DNS Manager domain.

3. Menambahkan CNAME Record di cPanel

Langkah selanjutnya dalam melakukan custom subdomain ke Blogspot di cPanel yaitu menambahkan CNAME Record di cPanel. Buka cPanel lalu pilih menu Zone Editor lagi. Tambahkan CNAME Record dengan host unik dan record unik dari Blogspot/ Blogger tadi. Silakan klik + Add Record lalu pilih Add CNAME Record.

Masukkan record unik dari google. Jangan lupa untuk memilih tipe CNAME record. Ingat, setiap akun memiliki record unik yang berbeda. Jadi, pastikan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger anda! Jika sudah silakan klik Add Record. 

Pada kolom Name, silakan masukkan subdomain, Type CNAME dan pada bagian record, silakan diisi ghs.google.com lalu klik Add Record

4. Memasukkan Kembali Subdomain/ URL Pihak Ketiga

Setelah pengaturan tadi anda tambahkan semua, hal selanjutnya yaitu silahkan login ke blogger.com lagi. Kemudian masuk Setelan, pilih Dasar. Pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda. Masukkan kembali nama subdomain seperti Step ke-6. Setelah itu pilih Simpan. Maka alamat blog telah berubah sesuai nama subdomain yang anda berikan. Dan pastikan tidak ada error seperti tadi lagi.

5. Menunggu Proses Resolving DNS dan Update Konfigurasi

Reminder, untuk proses custom subdomain ke Blogspot di cPanel ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan subdomain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan www.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *